Mari Memasak dengan Cook Cook Book Cook dari 9i99, Proyek Kreatif 6616

Di tengah bulan suci Ramadhan, 6616 Creative House yang berbasis di Jakarta mengumumkan peluncuran terbitan baru mereka, Cook Cook Book Cook. Diterbitkan di bawah platform passion project baru mereka, 9i99 (dibaca ‘gig’), zine ini merayakan usaha kuliner dan makanan sebagai cara untuk menyatukan orang-orang. Dengan resep, esai, tip, rekomendasi, dan kisah menyentuh hati dari dapur, Cook Cook Book Cook mengeksplorasi kisah menggiurkan seputar makanan dari tahun 2023.

Seperti banyak proyek yang diprakarsai dan diterbitkan sendiri, Cook Cook Book Cook memberi 6616 kesempatan untuk melakukan eksplorasi kreatif sesuai pengalaman dan selera mereka sendiri. "9i99 merupakan sebuah proyek yang lahir dari beragam passion dan interest setiap anggota 6616" kata Frances Cherry, Creative Director dan Founder 6616 Creative House. "Lewat Cook Cook Book Cook, kita ingin menunjukkan kalau personal passion itu punya kekuatan dan kapasitas untuk menginspirasi sampai menjalin koneksi.”

Zoom

Mengambil inspirasi dari menu-menu restoran yang baru, tim 6616 melengkapi setiap halamannya dengan grafis unik. Tiruan nota Rumah Makan Padang yang mereka sematkan juga menambah kesan cerdas dan ceria. "Seringkali cookbook di luar sana itu terasa jauh dari kenyataan sehari-hari yang kita rasakan, baik dari cara masak, cara makan, bentuk makanannya. Maka dari itu, kita ingin buat cookbook yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari kita," ucap Nano Zantara, Graphic Designer 6616 Creative House yang juga merupakan pencetus ide Cook Cook Book Cook. "Lewat cerita 24 kontributor yang merupakan seluruh anggota 6616, setiap konten terasa begitu personal dan akrab, yang justru bikin kita penasaran untuk mencicipi konten berikutnya."

Cook Cook Book Cook menyajikan konsep yang solid dan menyeluruh mulai dari pemilihan materi pelajaran, hingga cara setiap kontributor, anggota tim 6616, masing-masing memiliki halaman khusus, hingga penggunaan gimmick menu dan tanda terima. Desain visual buku ini sangat eksploratif dan menyenangkan, tetapi desain pengalaman secara keseluruhan dapat ditingkatkan melalui beberapa perubahan kecil. Nota dapat dibuat lebih efektif jika ukuran nota tersebut mendekati ukuran nota asli daripada ukuran A5. Penggunaan stitch binding juga dapat dipertimbangkan dibandingkan perfect binding untuk meningkatkan pengalaman membaca dan mempelajari setiap halamannya.

Dari sisi visual, perancangan Cook Cook Book Cook sangat memikat. Setiap halamannya menyajikan pendekatan desain yang playful dan sampul yang disajikan dengan sangat menarik. Penggunaan fotografi alih-alih ilustrasi vector—menata udang dan bok choy untuk membentuk angka “6616”—adalah sebuah gagasan yang berhasil menarik perhatian. Implementasi materi juga sangat efektif dengan penggunaan pearlescent fancy paper biru untuk halaman-halaman tengah zine ini. Setiap halaman adalah jendela ke dalam memori setiap kontributor terhadap makanan. Zine ini merupakan sebuah hidangan visual untuk mata pembaca.

Slide-1
Slide-2
Slide-3
Slide-4

About the Author

Kireina Masri

Kireina Masri has had her nose stuck in a book since she could remember. Majoring in Illustration, she now writes, in both English and Indonesian, of all things visual—pouring her love of the arts into the written word. She aspires to be her neighborhood's quirky cat lady in her later years.

Let your work shine!

Your work takes center stage! Submit your final assignment here to be assessed by experts of the field.

Submit

Similar Articles

Get ahead of the game with GMK+

Keep your finger on the pulse of the art and design world through newsletters and exclusive content sent straight to your inbox.