D&AD: Menyoroti Karya-Karya Luar Biasa di Ekosistem Kreatif Global

Musim penghargaan D&AD telah tiba. Penghargaan desain berkelas dunia ini kembali membuka pendaftaran D&AD Awards 2024 pada Mei tahun depan. Dengan lebih dari 300 juri dan lebih dari 40 disiplin dan kategori mulai dari desain grafis hingga casting, D&AD menantikan semua karya mengesankan yang dipersembahkan oleh para peserta tahun ini.

D&AD atau Design & Art Direction adalah acara penghargaan dan amal pendidikan kreatif berbasis di London yang diprakarsai oleh sekelompok desainer dan direktur seni di London termasuk Colin Forbes, mendiang salah satu pendiri Pentagram. Edisi perdananya diadakan pada tahun 1963 dengan 25 dewan juri dan sekitar 2500 peserta. Saat ini, D&AD adalah penghargaan yang diakui secara global untuk merayakan geliat kreatif di seluruh dunia dengan lebih dari 30.000 proyek yang diajukan untuk D&AD Awards tahun lalu. Mengingat D&AD juga merupakan badan amal pendidikan, mereka juga menyediakan program pendidikan seperti D&AD Masterclasses, Team Training, dan Shift; kelas malam kreatif yang dibuat dalam kemitraan bersama Google dan adidas diadakan di lima kota berbeda di seluruh dunia.

Setiap tahun ada lima tingkat penghargaan berbeda yang dapat dicapai. Shortlist diberikan kepada karya-karya di strata tertinggi pada setiap kategori. Lalu ada Wooden Pencil yang diberikan kepada yang terbaik tahun ini di setiap kategori. Kemudian Graphite Pencil yang menunjukkan karya-karya dengan penilaian memukau dan dapat dicalonkan pada tingkat berikutnya, Selain itu, ada Yellow Pencil yang ikonik, diberikan kepada karya yang menunjukkan keunggulan kreatif. Terakhir, Black Pencil, sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh D&AD dan hanya diberikan kepada beberapa peserta setiap tahunnya. Ada juga dua penghargaan khusus kategori, yaitu Future Impact Pencil dan White Pencil, dan dua penghargaan special; President’s Award dan Companies of the Year. Ada juga Collaboration Award yang sekarang akan diberikan setiap dua tahun.

Zoom
© D&AD

Pemenang D&AD Pencil tahun lalu mencakupi pelaku kreatif dari 51 negara yang berbeda. Di antara para pemenang adalah Snap!Gammon, sebuah interpretasi baru permainan papan Backgammon oleh Studio Sutherl& dan PrintSmith yang berbasis di Inggris. Proyek ini dianugerahi Yellow Pencil dalam kategori Ilustrasi. Ada juga video musik lagu Pharrell Williams “Cash In Cash Out” karya Division dan Electric Theater Collective. Video ini dianugerahi Yellow Pencil dalam beberapa kategori serta sebuah Black Pencil untuk kategori Computer-Generated Visual Effects. Berpartisipasi dalam penghargaan dapat memberikan banyak manfaat bagi mereka yang berikut serta, selain hanya sebagai indikator prestise, penghargaan juga merupakan cara yang bagus untuk menarik bisnis dan talenta baru. Untuk D&AD, para pemenang akan mendapatkan liputan media global melalui berbagai saluran D&AD, termasuk dirayakan di upacara penghargaan D&AD pada bulan Mei nanti, dimasukkan dalam The Annual, katalog karya-karya pemenang D&AD, dipamerkan di pameran-pameran internasional oleh D&AD, dan banyak lagi.

Seperti edisi sebelumnya, disiplin ilmu yang diberikan penghargaan meliputi Advertising (Periklanan), Craft (Kerajinan), Design (Desain), Engagement & Experience, Entertainment, dan Impact. Namun ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk D&AD Awards edisi 2024 mendatang. Side-Hustle kini tidak lagi menjadi kategori. Sebelumnya, kategori ini mencakup passion projects independen yang tidak ditugaskan, dimiliki, atau didanai oleh pihak pemberi kerja. Para peserta yang tadinya ingin mengajukan proyeknya di kategori ini dialihkan ke kategori Impact atau Future Impact. Health kini menjadi disiplin tersendiri dengan dua kategori; Health & Wellbeing dan Pharma, begitu pula Luxury. Impact juga mempunyai kategori baru; Sustained Impact. Dewan juri untuk edisi tahun 2024 menampilkan banyak tokoh terkemuka di industri termasuk Nadja Lossgott, Chief Creative Officer di AMV BBDO, untuk kategori Art Direction, Brian Collins, Pendiri COLLINS, untuk kategori Branding, Lee Flude dari The Set Stylist untuk kategori Production Design, dan masih banyak lagi.

Walaupun batas waktu promo Super Early Bird telah lewat, namun calon peserta tetap dapat menikmati promo Early Bird dengan diskon 20% jika submission fee dibayar paling lambat tanggal 7 Februari 2024. Batas akhir pengiriman yang berhak mendapatkan promo Early Bird adalah 14 Februari 2024, dengan pengiriman aset fisik jatuh tempo pada tanggal 28 Februari 2024. Freelancer dan studio dengan tim kurang dari 10 anggota berhak mendapatkan tambahan diskon 30% sepanjang seluruh periode pengajuan. Kunjungi situs web D&AD untuk mengunduh entry kit D&AD 2024 dan mempelajari proses pengiriman D&AD.

Slide-1
Slide-2
Slide-3
About the Author

Kireina Masri

Kireina Masri has had her nose stuck in a book since she could remember. Majoring in Illustration, she now writes, in both English and Indonesian, of all things visual—pouring her love of the arts into the written word. She aspires to be her neighborhood's quirky cat lady in her later years.