NStudio Bicara Kekuatan Koneksi Manusia dalam Penjenamaan dan Kolaborasinya dengan Alner

Seorang desainer muda berbakat, Hanina Sharafina, dengan bangga memperkenalkan NStudio, sebuah studio desain grafis dan penjenamaan yang berkomitmen untuk memberikan pengalaman jenama yang segar dan memikat. Dengan keyakinan pada kekuatan koneksi manusia, Hanina bertujuan menciptakan penjenamaan yang memiliki resonansi dengan rasa kemanusiaan yang mendalam. Ia sepenuhnya memahami bahwa penjenamaa nmerupakan cermin dari aspirasi, kepribadian, motivasi, dan tujuan sebuah merek. Selain itu, penjenamaan juga dapat menginspirasi orang untuk menjadi dampak positif bagi kehidupan mereka. NStudio tidak hanya berfokus pada penciptaan estetika merek yang cantik secara visual; namun merancang merek yang dapat berfungsi dengan kuat.

Perjalanan Hanina di dunia desain sendiri dimulai pada 2011 saat ia menyelam dalam dunia komunikasi visual dan mengasah keterampilannya lewat media cetak dan digital. Seiring keahliannya berkembang, ia menjelajahi ranah strategi penjenamaan, menyadari pentingnya sebuah merek melampaui aspek estetika. Hanina menemukan bahwa keindahan sejati sebuah merek terletak pada narasi yang dibawa dan pendekatan strategis yang mampu membentuk identitasnya.

Sebagai pendiri NStudio, Hanina menciptakan lingkungan kolaboratif yang memberikan ruang bagi kreativitas untuk terus berkembang, serta memanfaatkan pemahamannya yang holistik terhadap penjenamaan. NStudio sendiri menawarkan berbagai layanan, termasuk riset merek, pengembangan strategi, penamaan, penciptaan identitas, pengarahan artistik, desain kemasan, editorial, inovasi produk digital, desain situs web, dan kampanye aktivasi berdampak yang melibatkan media sosial, iklan digital, dan environmental graphics.

Peluncuran NStudio ini menandai tonggak penting dalam karier Hanina, bukti komitmen yang tak tergoyahkan untuk meningkatkan kualitas merek di Indonesia. Melalui NStudio, Sharafina memberdayakan merek untuk mencapai tujuan utama dan menginspirasi audiens sepanjang perjalanannya.

Baru-baru ini, NStudio mengumumkan kemitraannya dengan Alner, sebelumnya dikenal sebagai Koinpack, perusahaan yang menjadi pelopor langkah-langkah berani dan inovatif dalam lanskap industri kemasan. Dalam praktiknya, Alner berkolaborasi dengan berbagai merek untuk mengubah produk berbasis penggunaan sekali pakai menjadi alternatif yang dapat diisi ulang. Perusahaan ini menawarkan berbagai opsi kemasan yang dapat digunakan kembali untuk berbagai tipe barang.

Zoom

Menyadari kebutuhan akan penjenamaan ulang (rebranding) secara menyeluruh, Alner menggandeng NStudio untuk melahirkan kembali citra mereka dengan tujuan menciptakan identitas merek yang sejalan dengan nilai Alner. Dalam perjalanan ini, Koinpack kemudian berubah menjadi Alner, sebuah perwujudan sempurna dari “nyawa” merek tersebut. Identitas baru ini merupakan gabungan dari kata “ALternatif” dan “kontaiNER” yang menandakan peran Alner sebagai solusi revolusioner untuk kontainer tradisional.

NStudio menggali nilai-nilai perusahaan secara mendalam sebagai pendekatan saat merancang penamaan lini produk in-house Alner. Kata-kata dalam bahasa Inggris yang sederhana dan mudah diucapkan masyarakat Indonesia akhirnya menjadi pilihan akhir. Mencakup esensi merek dan komitmen mereka yang tak tergoyahkan, logo Alner menampilkan bentuk persegi yang melambangkan kemasan pelindung, dua panah yang menunjuk ke arah berlawanan sebagai tanda keberlanjutan, dan pembentukan subtil huruf “A” untuk Alner.

Demi meningkatkan daya tarik visual jenama, NStudio mengambil palet warna yang terinspirasi dari alam dengan dominasi warna hijau dan biru yang menenangkan, kemudian dipadukan dengan sentuhan warna kuning yang ceria. Pemilihan warna ini menghubungkan kesenjangan yang ada di antara estetika kontemporer dan alam semesta. Tak hanya itu, NStudio juga memberikan penekanan yang signifikan pada desain kemasan, khususnya label, dengan menetapkan sistem fleksibel dan konsisten untuk menyesuaikan dengan ragam produk dan merek. Keputusan kreatif ini memprioritaskan kemudahan penggunaan dan menyederhanakan proses bagi konsumen.

Slide-1
Slide-2
Slide-3
Slide-4
Slide-5
Slide-6
About the Author

Alessandra Langit

Alessandra Langit is a writer with seven years of diverse media experience. She loves exploring the quirks of girlhood through her visual art and reposting Kafka’s diary entries at night.