Mendobrak Batasan bersama UNDESIGNED!

Bulan Januari lalu, Art & Science, ASHTA, dipenuhi pengunjung yang antusias pada peluncuran UNDESIGNED!, sebuah publikasi yang diprakarsai oleh Diana Nazir, ditulis bersama Stephanie Mamonto, dirancang oleh Studio Woork dan menampilkan foto-foto oleh Kafin Noe’man. Publikasi ini mengeksplorasi proses kreatif yang menantang ide desain konvensional. Buku tersebut dimeriahkan dengan penandatanganan buku dan showcase khusus yang diselenggarakan oleh Indonesian Contemporary Art & Design atau ICAD.

UNDESIGNED! menyajikan pemikiran dan pernyataan dari para profesional terkemuka dan menyelidiki pendekatan “undesigning”, mendobrak batasan, serta menemukan solusi alternatif dalam konteks berbagai bidang. Publikasi ini menguraikan gagasan untuk menjadikan setiap proyek sebagai tantangan untuk menciptakan solusi inovatif yang relevan demi peningkatan taraf masyarakat.

Zoom

Publikasi ini diprakarsai oleh Diana Nazir, seorang yang berpengalaman di industri desain interior dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, yang telah lama termotivasi oleh kecintaannya pada seni yang telah ia tanamkan dalam pemikiran desainnya selama tiga dekade karirnya. Publikasi ini sejalan dengan pemikiran ini. Dalam pernyataannya, Diana merefleksikan sifat desain yang mampu memecahkan masalah. Ia menyampaikan keyakinannya akan pentingnya bekerja lintas disiplin dan menekankan bahwa inovasi paling menarik terjadi di persimpangan berbagai bidang. Buku ini mencerminkan pernyataan ini dengan fokus pada ide-ide yang lahir dari upaya multidisiplin.

Sumber diskusi yang disajikan dalam publikasi ini, yang juga mencerminkan semangat multidisiplin, tidak terbatas pada desainer profesional. Sebaliknya, buku ini juga mengundang ide dan pemikiran dari para seniman, akademisi, jurnalis, asosiasi, pengusaha, dan pemangku kepentingan. Kontributor UNDESIGNED! antara lain Adi Panuntun, Danton Sihombing, Dewi Lestari, Dolorosa Sinaga, Garin Nugroho, Giulio Cappellini, Hilmar Farid, Io Woo, Raul Renanda, Ria Lirungan, Rinaldy A. Yunardi dan Sandiaga Uno, serta komentar dari Triawan Munaf, Rosan P. Roeslani, dan Irawan Karseno. Buku ini dapat dibeli di toko Art & Science mana pun serta situs web resmi mereka.

Slide-1
Slide-2
Slide-3
Slide-4
Slide-5
Slide-6
About the Author

Kireina Masri

Kireina Masri has had her nose stuck in a book since she could remember. Majoring in Illustration, she now writes, in both English and Indonesian, of all things visual—pouring her love of the arts into the written word. She aspires to be her neighborhood's quirky cat lady in her later years.