Merayakan Komunitas Penerbitan Kreatif Yogyakarta yang Semarak dengan Yogyakarta Art Book Fair: Pilot Edition

Pada tanggal 1 hingga 3 Maret 2024, Ruang Pamer, di lantai tiga Gedung Pavilion, JNM Bloc, Yogyakarta, menjadi tuan rumah Yogyakarta Art Book Fair: Pilot Edition. Dengan 40 penerbit yang berpartisipasi, acara ini merupakan perayaan meriah bagi para penerbit kreatif dan independen yang berbasis di Yogyakarta dan sekitarnya.

“Tujuan bersama kami adalah untuk mengembangkan penerbitan sebagai bentuk praktik seni melampaui batasan disiplin dan kerja yang sudah mapan. Dimulai pada tahun 2024, Pilot Edition ini dimulai dengan komitmen untuk bereksperimen dengan menghadirkan ruang pertemuan untuk mendorong penyebaran penerbitan artistik,” ujar tim Yogyakarta Art Book Fair (YKABF).

Zoom-1
© Ichlasul Amal

Dari 40 peserta YKABF, mayoritas merupakan penerbit lokal Yogyakarta, serta teman-teman dari luar daerah seperti Bandung, Bekasi, Cirebon, Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Beragam karya kreatif yang terdiri dari sepuluh tenant dan 30 peserta pameran meja terbuka ini menyajikan berbagai publikasi dengan ragam bentuk termasuk artist’s book, zine, buku grafis, buku desain, komik, puisi, ilustrasi, publikasi tentang grafiti, catatan sejarah lokal, publikasi skenario, dan masih banyak lagi.

Menarik lebih dari seribu pengunjung, acara ini juga menyelenggarakan berbagai lokakarya yang diadakan oleh Agent OH (Kunci Copy Station), Maria Uthe, Vitarlenology, serta Ganis & Gisela Maria, dengan topik tentang menggambar, pembuatan zine dan book binding, serta pencetakan risograf. Setiap harinya, YKABF tahun ini juga mengadakan sesi Talk & Book Presentation di mana penerbit dan penulis akan mendalami publikasi atau topik tertentu di dunia penerbitan. Sesi-sesi tersebut meliputi bincang-bincang dan presentasi buku dari Publizing, Piring Tirbing, SOKONG!, Petrikor Books, Terra Bajraghosa, Writing Passion, dan Zine Think & Cakapuan.

Zoom-2
© Ichlasul Amal

Definisi konkrit tentang apa yang dapat ditentukan sebagai sebuahart book masih berfluktuasi. Maka, pada YKABF edisi kali ini, tim mendefinisikanart book sebagai “publikasi dan produk cetak yang membawa tema-tema minor yang kerap diusung oleh para penerbit mandiri'' dengan beragam pendekatan artistik dan teknik produksi yang membedakannya dari publikasi arus utama konvensional. Faktor penentu lainnya bagi tim YKABF adalah sistem distribusi yang digunakan oleh publikasi-publikasi tersebut yang seringkali menggunakan jaringan organik serta jalur distribusi alternatif, termasuk art book fair.

Slide-1
Slide-2
Slide-3
Slide-4
Slide-5
Slide-6
Slide-7
Slide-8
Slide-9
Slide-10
Slide-11
Slide-12
Slide-13
Slide-14
Slide-15
Slide-16
About the Author

Kireina Masri

Kireina Masri has had her nose stuck in a book since she could remember. Majoring in Illustration, she now writes, in both English and Indonesian, of all things visual—pouring her love of the arts into the written word. She aspires to be her neighborhood's quirky cat lady in her later years.